Halo kawan-kawan Den Haagers! Untuk memperluas pengetahuan murid-murid Indonesian di Den Haag, untuk kedua kalinya PPI Den Haag mengadakan acara GOAL: Go Awesome with Leadership. Acara LDKM untuk calon ketua kabinet selanjutnya ini berjalan pada tanggal 11-12 Desember 2016. Penasaran kegiatan menarik apa saja yang kami lakukan di acara ini? Let’s find out!

GOAL dilaksanakan di Don Bosco selama dua hari, dan di hari pertama, para peserta dapat menerima berbagai macam wawasan menarik mengenai skills yang diperlukan dalam berorganisasi. Kegiatan dibuka dengan perkenalan, lalu dilanjutkan dengan presentasi yang sangat asyik yang dibawakan oleh Yomed mengenai “Responsibility dan Kepemilikan”. Dalam sesi ini, Yomed bercerita bahwa tujuan utama kami semua di sini adalah untuk lulus dengan tepat waktu, dan sangat penting bagi kita untuk bertanggung jawab untuk memenuhi tujuan itu. Tapi jika kita berorganisasi, maka kita juga bertanggung jawab untuk menjalani organisasi itu.

Setelah sesi yang seru ini, materi selanjutnya adalah “Time Management”. Selain menjelaskan mengenai cara mengatur waktu dengan baik, peserta juga bermain game seru untuk menyusun kartu bersama kelompoknya secepat mungkin, permainan yang membutuhkan kerjasama dan time management yang baik.

Makan siang yang lezat disantap dengan lahap oleh peserta, dan sehabis itu datanglah sesi berikutnya, yang berjudul “Communication” dan dipresentasikan oleh Marvin. Materi yang penting dan dipenuhi dengan games menarik ini sangatlah berguna. Marvin menjelaskan mengenai jenis-jenis komunikasi yang ada, dan pentingnya bernegosiasi dengan orang lain. Ada juga permainan seru mengenai bernegosiasi dengan menyusun kartu. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari materi ini, apalagi karena komunikasi sangatlah vital dalam berorganisasi.

Materi terakhir yang dipelajari peserta pada hari itu adalah “Problem Management” yang dibawa oleh Dimas. Materi yang tidak ada di acara GOAL sebelumnya ini berfokus tentang berbagai cara untuk mengatasi problem yang pasti ada di kehidupan berorganisasi. Ditambah dengan contoh kasus yang menarik, para peserta belajar bahwa mengatasi drama atau bersikap kepada orang yang susah bekerja sama di organisasi itu tidaklah mudah.

Setelah itu, acara berlanjut dengan sesi terakhir, yaitu sesi tanya jawab dengan alumni Kabinet PPI Den Haag yang berpengalaman. Tiga alumni yang datang adalah Karin, Felix, dan Thomas. Para peserta mendapat banyak informasi menarik mengenai pengalaman ketiga alumni tersebut ketika menjadi anggota PPI Den Haag, suka duka, dan dorongan mereka untuk mencoba berorganisasi.

Pada hari kedua, acara GOAL difokuskan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah para peserta pelajari di hari pertama lewat simulasi acara. Para peserta diajak untuk membuat sebuah acara PPI Den Haag dan menentukan konsep, budget, dan panitia yang ada di acara itu. Setelah itu, mereka belajar untuk bernegosiasi dengan vendor untuk mendapat sponsor bagi acara yang telah mereka buat.

Kegiatan di hari kedua ini menunjukkan bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah acara, besar maupun kecil, dan pentingnya bernegosiasi dan untuk tidak menyerah dalam situasi yang susah.

Setelah itu, datanglah puncak acara, yaitu pemilihan calon ketua PPI Den Haag berikutnya! Hasil dari GOAL ini, Awang Wibowo telah mencalonkan diri sebagai ketua, dan ada satu orang yang ikut mencalonkan diri setelah dipilih oleh teman-teman mereka, yaitu Christian Vendy.

Dengan itu, acara GOAL akhirnya selesai dengan sukses dan meriah! Terima kasih banyak kepada para peserta yang sudah datang, semoga acara ini berguna bagi kehidupan kalian. Good luck bagi para calon ketua dalam masa kampanye mereka! Untuk tahu apa saja program kerja para calon ketua, jangan lupa untuk terus cek Facebook dan Website PPI Den Haag.

Sampai bertemu di acara PPI Den Haag selanjutnya!