Halooo Den Haagers!!!

Di tahun 2017 ini. PPI Den Haag kembali lagi dengan FOKUSTIK, yaitu acara berupa kompetisi fotografi, film pendek, akustik dan juga kuliner. Kali ini, FOKUSTIK bertemakan plural.is.me mengajak kawan-kawan untuk mempromosikan semangat pluralisme untuk para peserta lomba, karena nggak cuma pelajar Indonesia dari berbagai PPI kota saja, FOKUSTIK juga terbuka bagi pelajar internasional juga loh!

FOKUSTIK secara resmi dibuka pada pukul 11 siang, dengan berbagai stand makanan, minuman, dan ditambah lagu dengan games seru yang menemani setiap pengunjungnya. Kemudian, pada siang hari dilakukan pembukaan pendaftaran untuk lomba akustik dan kuliner.

Pengunjung yang datang bisa sambil melihat-lihat hasil perlombaan fotografi dan film pendek serta menikmati makanan, minuman dan stand2 bazaar lainnya seperti, indomie, garage sale, games ping pong, adu panco, memancing bebek. Ditambah lagi ada lokasi untuk photobooth bagi para pengunjung yang ingin foto bersama dengan dekorasi yang unik dan menarik.

Pada pukul 1 siang, perlombaan masak pun dimulai. Kompetisi masak kali ini tentunya lebih seru dan menarik, dengan tema fusion tempeh yang sudah disiapkan masing-masing peserta lomba untuk dimasak di tempat. Banyak peserta yang menunjukkan kebolehannya dengan menciptakan menu tempeh yang sangat kreatif, seperti tempeh gyoza, dumpling, dan juga resep-resep unik lainnya yang pada akhirnya dicicipi oleh para juri, Ferry dan Detty.

Selain itu, perlombaan akustik yang ada di panggung utama diikuti oleh beberapa group musik dari berbagai daerah, diantaranya dari Enschede, Tilburg, dan juga Eindhoven, dengan juri Harry Mantong, Tia Iskandar, dan Richard Surie.

Opening ceremony dimulai pada jam 3 siang, diawali dengan speech dari ketua FOKUSTIK kita, Dione Alodia Santoso, dan juga dimeriahkan oleh performance dari band andalan kita, Potatone.

 

Kemudian pukul 4 sore dibuka voting session untuk menentukan juara favorit  lomba fotografi. Pengunjung yang melihat hasil2 fotonya dapat memilih satu suara foto mana yang terfavorit untuk mereka. Sedangkan juara umum  ditentukan oleh para juri, Herwin Wels dan Eko Setiawan.

Akhirnya sampai juga pada puncak acara kita, yaitu Awarding Night yang dimulai pada pukul 5 sore. Sesi ini dibuka dengan pertunjukan tari Merak dan tari Legong Keraton oleh PPI Groningen. Kemudian dilanjutkan dengan speech dari Bapak I Gusti Agung Wesaka Puja.

Di puncak acara, PPI Den Haag mengundang Harry Mantong selaku juri kompetisi akustik yang juga merupakan lima besar Indonesian Idol Season 2 untuk tampil sebagai bintang tamu bersama Potatone. Mengakhiri seluruh rangkaian acara FOKUSTIK, acara yang paling ditunggu-tunggu peserta lomba pun tiba juga, yaitu pengumuman pemenang dari setiap kompetisi fotografi, kuliner, akustik, dan film pendek.

Masing-masing menerima hadiah sesuai dengan kompetisinya, selamat kepada para pemenang dan profisiat untuk seluruh peserta lomba atas kerjasamanya!

Photography Competition
First Winner: Ihsan Hutapea (Nijmegen)
Runner Up: Ridho Aditya (The Hague)
Audience’s Choice: Rhino Harrindono Paramita (Eindhoven)

Culinary Competition
First Winner: Patrick & Rangga (Eindhoven & Amsterdam)
Runner Up: Andrea & Matthew (The Hague)
Third Winner: Sonja & Yona (Amsterdam)

Acoustic Competition
First Winner: Inka Diatmiko, Pinky Diatmiko, Babiche Pompe (Enschede)
Runner Up: Egon, Bunga Siagian, Arie Sembiring (Tilburg)
Audience’s Choice: Patrick Macapugas, Andre Rieuwpassa, Samuel Flassy, Siti Lasupu (Eindhoven)

Short Movie Competition
First Winner: Ridho Aditya & Catharina Krisanti (The Hague)
Runner Up: Dean Farras Narendra (Eindhoven)

Di akhir acara, diadakan pengumuman doorprize senilai tiket pesawat Eropa, tiket menginap di Hotel Ina Bali dan Hotel Ina Parapat. Kemudian keseluruhan rangkaian acara Fokustik diakhiri pada pukul 8 malam.

Kami panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman yang bergabung dalam acara Fokustik, dan sampai bertemu di event PPI Den Haag selanjutnya!